Resmi Dibuka Gubsu, PSBD Akan Hibur Masyarakat Asahan Selama 15 Hari

Sebagai salah satu Kabupaten di Propinsi Sumatera Utara yang memiliki keanekaragaman suku dan budaya, penduduk Kabupaten Asahan terdiri dari 14 etnis suku yang bermukim di seluruh wilayahnya. Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Kab. Asahan merupakan suatu ajang tahunan yang telah diselenggarakan sebanyak 3 kali sebagai sarana untuk mempererat persatuan dan kesatuan diantara berbagai jenis suku yang ada di Kab. Asahan. Selain itu, kegiatan tersebut juga diharapkan dapat menjadi ajang hiburan bagi masyarakat sekaligus memperkenalkan masyarakat terhadap kesenian dan kebudayaan dari berbagai etnis yang berada di Kab. Asahan.

Gubernur Sumatera Utara Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si membuka langsung kegiatan yang dipusatkan di Lapangan PSBD Jl Ir. Sutami Kisaran tersebut. Kegiatan yang diawali dengan penampilan parade dari 14 etnis di Kab. Asahan tersebut juga turut dihadiri oleh Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan, Forkopimda Asahan, Sekretaris Daerah beserta OPD Kab. Asahan, Ketua TP. PKK Kab. Asahan, Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat (FORKALA) serta ribuan masyarakat Kab. Asahan. Bupati Asahan Drs. H. Taufan Gama Simatupang, MAP dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Gubsu yang berkenan hadir di tengah kesibukannya untuk membuka kegiatan yang akan dilaksanakan dari tanggal 24 Juli – 8 Agustus 2017.

Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan kegiatan tersebut dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menyaksikan setiap penampilan kesenian dan kebudayaan dari berbagai etnis yang berada di Kabupaten Asahan yang akan ditampilkan dalam PSBD pada tahun ini. Bupati Asahan juga berharap agar setiap etnis di Kab. Asahan dapat memeriahkan pelaksanaan kegiatan ini sehingga dapat memberikan hiburan dan pengetahuan bagi masyarakat yang akan melihatnya. Gubernur Sumatera Utara dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Kab. Asahan yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Beliau juga berharap agar kegiatan seperti ini dapat dijadikan contoh untuk diselenggarakan oleh Kabupaten dan Kota yang berada di Sumatera Utara. Karena selain sebagai ajang hiburan, kegiatan ini juga dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan dalam bingkai keberagaman menuju Sumatera Utara Paten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *