Wabup Asahan Canangkan Program BSPS

Asahan, Sumut, 22/8, (Antarasumut) – Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc mencanangkan program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS), Selasa di Kecamatan Air Joman.
Ada 247 masyarakat Kabupaten Asahan di 9 Desa di 4 Kecamatan menerima program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS). Penerimaan program tersebut ditandai dengan penyerahan buku tabungan sekaligus dimulainya program BSPS di Kabupaten Asahan.
“ Saya berharap masyarakat yang menerima bantuan ini benar-benar diperuntukan untuk rumah, buka untuk beli handphone baru atau DP sepeda motor,” minta Surya kepada warga Air Joman  yang menerima program BSPS.
Surya juga berharap program yang merupakan kegiatan direktorat rumah swadaya Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dengan alokasi 2500 unit rumah di 67 Desa dapat meringankan beban masyarakat dalam meningkatkan kualitas rumah sehingga jumlah rumah tidak layak huni  dapat berkurang secara bertahap.
“ Kepada penerima program diminta ikut membantu pembangunan rumahnya. Jangan karena dibayar pemerintah pembangunan rumahnya, pemeliki tidak mau bekerja,” ucap Surya.
Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Asahan, Azmy Ismail menyebutkan bahwa sebleum masyarakat mendapat program BSPS tersebut, pihaknya bersama kordinator dan pasilitator (Korpas) terlebih dahulu melakukan indentifikasi dan verifikasi untuk menentukan kreteria rusak berat dan sedang.
Pencairan dana, Kata Azmy dilakukan 2 tahap. Tahap pertama dicairkan sebesar 50 %, kemudian tahap ke 2 dicairkan setelah bangunan mencapai 30 %. “ Rata-rata mereka menerima Rp 15 Juta dan satu warga menerima Rp 10 juta,” ucap Asmy.
Adapun 9 Desa yang menerima program BSPS yakni Kecamatan Air Joman, Desa Air Joman Baru sebanyak 20 unit rumah, Air Joman 32 rumah dan Binjai Serbangan 27 rumah.
Kecamatan Bandar Pulau, Desa Bandar Pulau Pekan 20 rumah dan Desa Padang Pulau 22 rumah. Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Desa Tomuan Holbung 21 rumah, Desa Hutabagasan 41 rumah.Kecamatan Tanjung Balai Desa Bagan Asahan 30 rumah dan Bagan Asahan pekan 34 rumah.
Kegiatan dhadiri oleh Satker SNVT penyediaan perumahan Provinsi Sumut, Branch manager BTN Sumut, para Camat yang daerahnya menerima BSPS, OPD dan lainya.
Sumber : http://www.antarasumut.com/berita/168256/wabup-asahan-canangkan-program-bsps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *