TP. PKK Kab. Asahan Raih Juara I Lomba IVA Test Tingkat Nasional

Kerja keras dari Tim Penggerak PKK Kab. Asahan dalam mencegah bahaya Kanker Serviks melalui rangkaian IVA Test membuahkan hasil yang cukup membanggakan Kabupaten Asahan di Tingkat Nasional. TP. PKK Kabupaten Asahan berhasil menyabet Pakarti Utama I Kategori Kabupaten sebagai pelaksana terbaik Inspeksi Visual Asam asetat (IVA) Tes. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kerja keras dan kerja cerdas TP. PKK Kab. Asahan bersama dengan seluruh elemen yang terkait dalam memperbaiki paradigma yang ada pada masyarakat khususnya kaum wanita untuk lebih antusias mencegah Kanker Serviks melalui rangkaian IVA Test yang dilaksanakan di setiap tingkatan.

Kita ketahui bersama, Kanker Serviks merupakan salah satu momok yang menakutkan bagi kaum wanita. Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI lebih dari 17 persen tingkat kematian wanita pada tahun 2016 disebabkan oleh penyakit yang 99,7 persen disebabkan oleh virus HPV dan sering dikarenakan dengan gaya hidup yang tidak sehat tersebut.

Ketua Umum TP. PKK Pusat dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo menyerahkan langsung piagam penghargaan kepada TP. PKK Kabupaten Asahan pada puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 45 tahun 2017 yang dilaksanakan di Hotel Mercure Jakarta Selasa 3 Oktober 2017.

Menanggapi keberhasilan itu, Ketua TP. PKK Kab. Asahan Hj. Winda Fitrika Taufan Gama Simatupang yang juga merupakan Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Asahan menyampaikan rasa syukur dan mengapresiasi atas keberhasilan TP PKK Kabupaten Asahan meraih Pakarti Utama I pada lomba IVA Test Tingkat Nasional. Beliau berharap kemenangan ini dapat semakin memotivasi seluruh tim yang terkait untuk bekerja lebih aktif untuk mencegah penyakit yang cukup berbahaya tersebut.

Bersyukurlah ketika jiwa dan raga mendapatkan kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat sehari – hari. Karena kesehatan akan tampak berharga setelah kita kehilangannya oleh karena itu lebih baik mencegah daripada mengobati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *