Beras Medium Naik, Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Operasi Pasar

Seluruh masyarakat Indonesia menjadikan Beras sebagai salah satu bahan pokok yang sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat Indonesia khususnya masayarakat Kabupaten Asahan. Tetapi kenyataan pada saat ini harga beras medium di Kabupaten Asahan mengalami kenaikan dari Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp. 9.000/kg menjadi Rp. 11.000/kg.

Maka dari itu pada Rabu 24 Januari 2018 Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Koperisi dan Perdagangan (Kopdag) melakukan Operasi Pasar (OP) yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kopdag Witoyo didampingi Bulog Divre Wilayah III untuk melihat secara langsung kenaikan harga beras medium dibeberapa kios-kios pengecer. Dan ternyata benar, ditemukan kenaikan di kios-kios pengecer beras medium.

Witoyo yang didampingi oleh Kepala Bidang Perdagangan Emran mengatakan kenaikan beras medium ini sudah terjadi sejak Bulan Januari 2018 di 3 pasar tradisional di Kota Kisaran. Oleh karena itu kita sudah menyurati pihak Bulog Divre Wilayah III untuk melakukan OP Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Dalam OP yang kami lakukan ini, kami mengacuh pada surat Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2017 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) Beras.

“Kita berharap setelah dilakukannya OP ini para pengecer beras medium dapat menjual dengan harga yang normal, sehingga tidak mempersulit masyarakat khususnya di KabupatenAsahan”, ujar Witoyo.

Kepala Bulog Divre Wilayah III Marjoni Busjal menyikapi hal tersebut, memberikan penjelasan bahwasahnya pihak Bulog Divre Wilayah III telah melakukan OP sejak Bulan Desember 2017 menjelang Tahun Baru sampai Bulan Januari 2018.

“Dalam penyaluran beras medium kepada para mitra, kami menjual sesuai dengan HET Rp. 8.000/Kg, dan hingga kini minat pembelinya mencapai 2 ton saja, sehingga stok beras dipasaran masih tersedia”, ujar Marjoni.

Marjoni juga mengatakan akan melakukan OP ini sesuai dengan surat yang telah kami terima dari Pemerintah Kabupaten Asahan.

Ditempat terpisah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Asahan Rahmat Hidayat Siregar, S. Sos, M, Si mengatakan OP pasar yang dilakukan oleh Dinas Kopdag sudah benar, karena ini salah satu cara untuk mengantisipasi dan mengetahui apa yang menjadi masalah dalam kenaikan beras medium di Kabupaten Asahan.

“Padahal pihak Bilog Divre Wilayah III menyalurkan beras medium kepada para mitra sesuai dengan HET yang telah ditentukan”, ujar Hidayat.

Hidayat juga berpesan kepada pihak Bulog Divre Wilayah III agar secepatnya melakukan OP ini untuk mengetahui apa yang menjadi masalah kenaikan harga beras medium ditiga pasar yang ada di Kisaran Kota. Karena beras merupakan salah satu bahan pokok makan yang sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat Kabupaten Asahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *