Saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama dibidang informasi dan komunikasi sangat pesat dan telah memberi berbagai perubahan dan kemudahan dalam kehidupan manusia. Di era milenial ini, setiap orang dapat memberi dan menerima informasi tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu.

Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah juga telah berpartisipasi dalam penggunaan teknologi dengan memberikan pelayanan kepada publik yang berbasis internet. Berdasarkan Surat Edaran Menpan RB Nomor 4 Tahun 2016 pemerintah telah menginstruksikan agar setiap daerah dapat menerapkan sistem pengintegrasian pengelolaan pengaduan pelayanan publik secara nasional dalam aplikasi LAPOR!-SP4N.

Menindaklanjuti hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan Rabu (31/07/2019) laksanakan Sosialisasi Layanan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang bertempat di Aula Melati Kantor Bupati Asahan.

Kegiatan yang dihadiri oleh Asisten Ekbang Setda Kab. Asahan Drs. H. Jhon Hardi Nasution, M.Si, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si juga dihadiri oleh perwakilan seluruh OPD dan Camat Se-Kabupaten Asahan sebagai peserta sosialisasi.

Sosialisasi tersebut juga menghadirkan Narasumber yang berasal dari Ombudsman RI perwakilan Sumatera Utara Abyadi Siregar, S.Sos, Inspektorat Provinsi Sumatera Utara Dr. Maju Siregar, SH, MM dan Dedi Sutendi serta Bagian Orta Setda Kab.Asahan Drs. Ilham.

Panitia Pelaksana Kegiatan Sosialisasi Riris Kusmiyati, S.Kom dalam laporannya menyampaikan bahwa maksud kegiatan ini adalah untuk mendukung kesiapan pemerintah Kabupaten Asahan dalam pelaksanaan aplikasi LAPOR!-SP4N. Adapun tujuan dari kegiatan ini agar peserta mengetahui tentang kerangka hukum dan kebijakan pengelolaan pengaduan pelayanan publik serta petunjuk teknis dan tata kerja sistem LAPOR!-SP4N.

Plt Bupati Asahan H. Surya, B.Sc dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten Ekbang Setda Kab. Asahan Drs. H. Jhon Hardi Nasution, M.Si memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini. Beliau juga berharap agar Aplikasi layanan pengaduan online rakyat yang selanjutnya disingkat dengan LAPOR dapat menjadi sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial dengan prinsip mudah, terpadu dan tuntas dengan tujuan meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah.

Melalui aplikasi ini beliau juga berharap menjadi sebuah akses penghubung antara pemerintah dengan masyarakat sehingga masyarakat dapat secara leluasa menyampaikan setiap permasalahan dilingkungannya.

Lebih lanjut beliau meminta agar para Pejabat Pengelola Pengaduan dan Pejabat Penghubung di masing-masing OPD yang menjadi peserta sosialisasi dapat benar – benar mempelajari kerangka hukum dan kebijakan pengelolaan pengaduan pelayanan publik serta dapat mengetahui tentang petunjuk teknis dan tata kerja sistem LAPOR!-SP4N. Beliau juga meminta mereka untuk lebih familiar dalam menggunakan Teknologi IT sebagai sarana mengelola maupun merespon pengaduan yang diterima.

Terakhir beliau berharap agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan sosialisasi dengan sungguh-sungguh dan dapat mengaplikasikannya dapam meningkatkan pelayanan publik menuju tata kelola birokrasi yang lebih baik.

Related Post

No Comments

Leave a Comment