Sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945 pasal 28 H Amandemen UUD 1945, bahwa rumah adalah salat satu hak dasar rakyat. Oleh karena itu, setiap warga Negara berhak untuk memiliki tempat tinggal dan mendapat lingkungan hidup yang baik dan sehat. Selain merupakan kebutuhan dasar manusia, rumah juga berfungsi meningkatkan harkat, martabat, mutu kehidupan dan penghidupan. Akan tetapi, disebabkan karena adanya kesenjangan pemenuhan kebutuhan perumahan yang relative masih besar dan masih kurangnya kemampuan daya beli masyarakat khususnya Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam memenuhi kebutuhan perumahan, sampai saat ini hak dasar rakyat tersebut masih belum sepenuhnya terpenuhi.

Seperti halnya berlaku di beberapa Kab/Kota yang ada di Indonesia, Pemerintah Kab. Asahan juga tak luput dari problem yang terbilang pelik dan butuh penanganan tersebut. Salah satu upaya yang telah dilakukan Pemkab Asahan untuk mengatasi hal tersebut adalah melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Pasca program tersebut digulirkan, Pemerintah Kab. Asahan yang saat itu melalui Dinas Sosial, tahun 2013 dan 2014 telah berhasil memberikan bantuan perbaikan 819 unit rumah yang rusak ringan maupun rusak berat. Namun, sejak berlakunya Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 2016, program BSPS di Kab. Asahan menjadi kewenangan dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (PERKIM).

Dalam kegiatan Pencanangan dan Penyerahan BSPS tahun 2019 yang dipusatkan di Desa Sei Kamah II Kec. Sei Dadap, Selasa 6 Agustus 2019, turut hadir Plt. Bupati Asahan, Kepala Satuan Kerja Non Vertikal (SNVT) Penyediaan Perumahan Provsu, Pimpinan BANK Mandiri, OPD, Camat, Kepala Desa se-Kec. Sei Dadap dan Masyarakat.

Dalam laporannya, Kadis PERKIM M. Azmy Ismail, AP., M.Si menyampaikan bahwa sejak berdiri di tahun 2017 Pemerintah Kab. Asahan melalui Dinas tersebut telah menyalurkan BSPS sebanyak 247 unit di 4 Kecamatan dan 9 Desa serta di Tahun 2018 sebanyak 537 unit di 9 Kecamatan dan 24 Desa. Selanjutnya beliau juga melaporkan bahwa di Tahun 2019 ini Kab. Asahan mendapat bantuan sebanyak 632 unit yang berada di 7 Kecamatan.

Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan penyerahan bantuan kepada masyarakat penerima BSPS secara simbolis sekaligus peletakan batu pertama pembangunan rehab rumah oleh Plt. Bupati Asahan. Selanjutnya Plt. Bupati Asahan H. Surya, B.Sc dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam keberhasilan Program BSPS ini. Beliau juga menyampaikan bahwa pada dasarnya program ini merupakan stimulan atau pendorong bagi warga kurang mampu agar memperbaiki rumahnya.

Lebih lanjut beliau juga menghimbau agar masyarakat dapat ikut berpartisipasi bersama Pemerintah dalam membantu memperbaiki rumah warga yang kurang mampu, baik dalam bentuk material bangunan, dana maupun tenaga sehingga juga turut melestarikan budaya gotong royong di tengah masyarakat. Selanjutnya beliau berharap masyarakat penerima bantuan dapat melaksanakan program dengan sebaik – baiknya. Karena keberhasilan program ini merupakan salah satu tolak ukur dalam memberikan bantuan serupa ke desa lainnya di Kab. Asahan di masa yang akan datang. Keberhasilan program ini juga merupakan salah satu upaya meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan terhadap rumah layak huni secara bertahap yang muaranya menuju masyarakat Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri.

Related Post

No Comments

Leave a Comment

Recent Posts