Lantunan takbir, tahmid dan tahlil berkumandang saling bersahutan memenuhi angkasa diseluruh dunia seiring hadirnya salah satu dari Hari Raya Besar Umat Islam yaitu Idul Adha. Tidak terkecuali di Kabupaten Asahan, Negeri Rambate Rata Raya dengan mayoritas penduduknya yang memeluk agama Islam tersebut juga turut merasakan indahnya suasana Idul Adha.

Memaknai momentum Hari Raya Idul Adha, Pemerintah Kabupaten Asahan jadikan hari yang cukup sakral tersebut sebagai sarana untuk meningkatkan silaturahmi dan saling berbagi dalam bingkai ibadah penyembelihan hewan kurban.

Kegiatan penyembelihan hewan kurban yang dipusatkan di Seputaran Hutan Kota Kisaran Minggu, 11 Agustus 2019 tersebut turut dihadiri oleh Plt. Bupati Asahan, Forkopimda, Sekda, Asisten, OPD, Camat Kisaran Barat dan Kisaran Timur serta ASN dan masyarakat.

Kegiatan tersebut terasa semakin bermakna karena dilaksanakan setelah Shalat Ied yang dipusatkan di Masjid Agung H. Ahmad Bakrie Kisaran. Lantunan ayat suci Al Quran yang dibacakan oleh H. Muhammad Syafiq sebagai Imam dirangkai dengan Tausiyah yang dibawakan oleh Ketua Imtaq Kab. Asahan H. Ahmad Kosim Marpaung, S.Ag., M.Si benar – benar mampu menambah spirit keimanan dan ketakwaan ribuan jamaah yang mengikuti shalat ied sebelum melaksanakan ibadah qurban.

Dalam tausiahnya beliau menyampaikan pentingnya umat islam untuk memaknai hakikat ibadah qurban sebagai salah satu simbol penyerahan diri dan ketaatan terhadap perintah Allah SWT. Beliau juga meminta jamaah untuk dapat menyikapi ibadah kurban sebagai suatu wujud keikhlasan diri sekaligus kepedulian kepada sesama umat.

Plt. Bupati Asahan H. Surya, B.Sc dalam keterangannya yang disampaikan Kadis Kominfo H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos., M.Si pada kegiatan penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Asahan berharap agar masyarakat dapat memaknai pelaksanaan ibadah qurban sebagai sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan kecintaan terhadap sesama.

Beliau juga mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh ASN di setiap OPD atas pelaksanaan ibadah kurban yang tahun ini terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya. Tahun 2019 ini, Pemerintah Kab. Asahan menyembelih 110 ekor sapi, 11 ekor kambing dan 22 ekor domba yang merupakan partisipasi dari ASN di setiap OPD di lingkungan Pemerintah Kab. Asahan serta sumbangan dari Gubernur Sumatera Utara untuk masyarakat. Dari hasil penyembelihan hewan kurban tersebut Pemerintah Kab. Asahan membagikan 7942 paket daging qurban kepada masyarakat yang berada di seputaran kota Kisaran.

“Semoga hasil dari sembelihan hewan qurban ini dapat dinikmati oleh 7000an kepala keluarga di seputaran kota kisaran dan masyarakat dapat turut merasakan daging kurban di Idul Adha tahun ini”, tutup Beliau.

Semoga momentum Idul Adha dan Ibadah Qurban tidak sekedar dipandang sebagai ritual tahunan belaka, tetapi mari kita maknai hal tersebut sebagai landasan berpijak untuk memuhasabah diri, sembari mengambil pelajaran dan hikmah dari substansi “Hari Raya Kurban”.

Related Post

No Comments

Leave a Comment