Konsumsi pangan yang berkualitas melalui keragaman jenis pangan dan keseimbangan gizi dalam pola konsumsi pangan sehari-hari dibutuhkan tubuh agar dapat hidup sehat, aktif dan produktif secara berkelanjutan. Oleh karena itu, Pemerintah gencar melakukan upaya diversifikasi pangan untuk mengubah pola konsumsi konsumsi pangan masyarakat sehingga masyarakat mengkonsumsi pangan dengan lebih beragam.

Menyikapi hal tersebut serta dalam memperingati Hari Pangan Sedunia, Pemerintah Kab. Asahan laksanakan Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Rabu 28 Agustus 2019. Kegiatan yang dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kab. Asahan tersebut turut dihadiri oleh Plt. Bupati Asahan, Plt. Ketua TP. PKK Kab. Asahan, Kepala Badan Pusat Statistik Kab. Asahan, OPD, Camat dan Ketua TP. PKK Kecamatan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab. Asahan Ir. Amir Husin Siregar, MMA dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan kali ini diikuti oleh peserta yang berasal dari Tim Penggerak PKK Kecamatan Se-Kabupaten Asahan. Selanjutnya dalam Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-39 Tahun 2019 Tingkat Kab. Asahan, Dinas Ketahanan Pangan juga melaksanakan Pemeran Industri Pangan Olahan yang diikuti oleh 10 UMKM dan penyerahan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara kepada 12 orang penerima serta pemberian bantuan peningkatan gizi balita kepada 40 orang balita.

Selanjutnya Plt. Ketua TP. PKK Kab. Asahan Ny. Hj. Titiek Sugiharti Surya dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini. Selanjutnya beliau berharap kepada TP. PKK Kecamatan agar prinsip B2SA tidak terbatas pada lomba kali ini saja, namun hendaknya dapat disebarluaskan kepada masyarakat di tempat masing-masing. Beliau juga berharap program B2SA, dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan stunting di tengah masyarakat.

Plt. Bupati Asahan H. Surya, B.Sc dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kab. Asahan telah melaksanakan berbagai program dan kegiatan yang bermuara pada upaya pemantapan ketahanan pangan. Selanjutnya beliau berharap melalui momentum Peringatan Hari Pangan kali ini dapat meningkatkan pemahaman, kepedulian dan kerjasama antara pihak terkait dalam menciptakan inovasi teknologi pengolahan pangan dalam persaingan industri global. Beliau juga menghimbau masyarakat untuk berperan aktif dalam memanfaatkan produk pangan lokal serta lebih bijak dalam mengkonsumsi makanan.

Related Post

No Comments

Leave a Comment

Recent Posts