Sambut 1 Muharram 1441 M, Keluarga Besar Pujakesuma Kab. Asahan laksanakan kegiatan Kenduri Suroan di Pendopo Afdeling IV Kebun Sei Silau Kec. Buntu Pane, Minggu 1 September 2019. Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Plt. Bupati Asahan bersama Kadiskominfo Asahan, Ketua DPD dan Ketua GM Pujakesuma Asahan beserta pengurus, Camat Buntu Pane, Kapolsek Prapat Janji, Danramil Buntu Pane serta masyarakat.

Ketua DPD Pujakesuma Asahan Rianto, SH., MAP dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk mempererat hubungan silaturahmi antara sesama warga Pujakesuma di Kabupaten Asahan.

Beliau juga menjelaskan, tradisi Suroan yang dilaksanakan di bulan Muharram ini sejatinya merupakan sistem penanggalan tahun baru dalam perhitungan masyarakat Jawa Islam. “oleh karena itu, peringatan Tahun Baru Islam kali ini dilaksanakan dengan tradisi Suroan dengan harapan agar nilai tradisi dan budaya masyarakat Jawa dapat terus dilestarikan”, ujar Beliau.

Selanjutnya Plt.Bupati Asahan H. Surya, B.Sc dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Pujakesuma Kab. Asahan dalam memperingati Tahun Baru Islam 1441 H. Beliau juga menyampaikan bahwa warga Jawa yang merupakan mayoritas penduduk di Kab. Asahan memiliki peran yang cukup strategis dalam pelaksanaan pembangunan. Untuk itu beliau berharap agar warga Jawa dapat memelihara sifat kegotongroyongan dan semangat dalam kebersamaan sebagai ciri khas dari masyarakat Jawa dan mengaplikasikannya dalam kesuksesan pembangunan di Kab. Asahan.

Beliau juga berharap agar masyarakat jawa dapat melestarikan adat dan budaya sebagai bentuk antisipasi terhadap pengaruh budaya luar kepada generasi masa kini.

Related Post

No Comments

Leave a Comment