Gotong royong atau bekerja bersama-sama dengan suka rela menuju kondisi yang diinginkan atau gugur gunung sebutan lain gotong royong di pulau jawa merupakan salah satu hal yang diunggulkan dan menjadi identitas tersendiri bagi Bangsa Indonesia. Secara historis sudah tak terlacak lagi kapan ide mengenai gotong royong pertama kali dilakukan. Namun yang jelas, saat ini semangat gotong royong dirasakan semakin tergerus dengan arus globalisasi yang begitu cepat merasuk ke tengah-tengah masyarakat terutama kalangan muda.

Menyikapi hal tersebut, dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Asahan ke-74, Pemkab Asahan mencanangkan kegiatan gotong royong massal yang dilaksanakan di seluruh Kecamatan se-Kabupaten Asahan, Jumat (13/3/2020).

“Dalam kegiatan gotong royong yang dilaksanakan di seluruh Kecamatan, masyarakat bersama aparatur Kecamatan diharapkan dapat bahu membahu membersihkan lingkungan sekitarnya”, ujar Kadis Kominfo.

Dirinya juga menyampaikan melalui kegiatan gotong royong diharapkan dapat memfilter masyarakat dari kecenderungan untuk bersifat individualis, konsumtif dan kapitalis dengan meningkatkan rasa kebersamaan, kekeluargaan dan senasib sepenanggungan yang diajarkan lewat gotong royong.

Lebih lanjut beliau sampaikan dibawah kepemimpinan Bupati Asahan H. Surya, B.Sc, Pemkab Asahan ingin manfaatkan Hari Jadi Kabupaten Asahan sebagai momentum untuk mengembalikan semangat gotong royong sebagai sari pati dasar dalam kehidupan bermasyarakat.

“Karena dengan menumbuhkembangkan kembali semangat gotong royong, kita dapat lebih mudah untuk mewujudkan Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri”, ungkap beliau.

Related Post

No Comments

Leave a Comment