Tim Supervisi TP. PKK Propinsi Sumatera Utara melaksanakan kunjungan di Kabupaten Asahan pada hari Rabu (18/03/2020) bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan.

Hadir pada kesempatan ini Tim Supervisi Propinsi Sumatera Utara yang di Ketuai Ny. Teja Syaripuddin beserta rombongan, Bupati Asahan diwakili Asisten I Pemerintahan Drs. Jhon Hardi Nasution, Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan Hj. Titiek Sugiharti Surya, Ny.Yusnila Indriati Taufik beserta Pengurus PKK Kabupaten Asahan, Kepala Bapemas dan Pemdes, OPD, Para Camat beserta Ketua TP. PKK Kecamatan se-Kabupaten Asahan.

Sebelum Acara dimulai terlebih dahulu dilakukan Pemeriksaan Suhu Tubuh dari Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, hal ini dilaksanakan untuk memastikan seluruh Peserta bebas dari Covid-19.

Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan Hj. Titiek Sugiharti Surya dalam paparannya menyampaikan bahwa desa binaan Kabupaten Asahan yang diperlombakan ke tingkat Propinsi Sumatera Utara yaitu Lomba Tertib Administrasi Desa Rawang Pasar V Keamatan Rawang Panca Arga, Lomba UP2K Desa Gedangan Kecamatan Pulau Bandring, Lomba PAAR Desa Sei Kamah I Kecamatan Sei Dadap, Lomba Hatinya PKK Desa Punggulan Kecamatan Air Joman, Lomba Lingkungan Bersih Sehat (LBS) Desa Aek Korsik Kecamatan Aek Ledong, Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Desa Suka Makmur Kecamatan BP. Mandoge, Lomba POSYANDU Desa Silo Maraja Kecamatan Setia Janji, Lomba KB-KES Desa Sengon Sari Kecamatan Aek Kuasan.

Lebih lanjut Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan berharap kepada Tim Supervisi dari Propinsi Sumatera Utara untuk dapat memberikan masukan dan saran karena kami di Kabupaten Asahan selalu mendukung dan siap untuk selalu dibina dan dibenahi demi kemajuan pembangunan di Kabupaten Asahan.

Ketua Tim Supervisi Propinsi Sumatera Utara Ny. Teja Syaripuddin dalam arahannya menyampaikan tujuan pelaksanaan supervisi TP. PKK Propinsi Sumatera Utara di Kabupaten Asahan kali ini yaitu melaksanakan pembinaan kepada PKK Kabupaten tentang desa binaan di Kabupaten Asahan yang diperlombakan ke tingkat Propinsi Sumatera Utara tahun 2020 dan menyamakan persepsi secara berjenjang antara TP. PKK desa/kelurahan, TP. PKK Kecamatan dan TP. PKK Kabupaten dalam rangka pelaksanaan desa binaan Kabupaten Asahan sebagai mitra pemerintah untuk mengimplementasikan 10 (sepuluh) program Pokok PKK.

Dalam sambutan Bupati Asahan yang disampaikan Asisten Pemerintahan Drs. Jhon Hardi Nasution mengatakan bahwa gerakan PKK yang dilaksanakan selama ini berupaya dan mempunyai tujuan untuk mewujudkan keluarga yang mandiri dan sejahtera melalui pelaksanaan 10 program pokok PKK.

Melalui pembinaan desa yang dilaksanakan saat ini diharapkan gerakan PKK dapat memberikan andil dan turut serta ambil bagian dalam upaya meningkatkan dan mensejahterakan setiap keluarga menuju masyarakat maju dan mandiri untuk mewujudkan hari esok yang lebih baik.

Tim penggerak PKK adalah motor penggerak pemberdayaan masyarakat yang selalu berusaha menjalankan segala program terbaiknya untuk mewujudkan keluarga sejahtera, tetapi dalam pelaksanaan pembinaannya masih ada kelemahan dan kekurangannya, karena itu seluruh pihak, baik itu OPD, Camat, Kepala desa/Lurah dan unsur lapisan masyarakat lainnya agar senantiasa bekerjasama dalam mewujudkan desa binaan sebagai desa percontohan yang unggul dan dapat dipelajari keunggulannya oleh desa/keurahan lainnya. Lebih lanjut disampaikan sejalan dengan pembinaan desa yang saat ini dilakukan, pelaksanaan 10 program pokok PKK diharapkan memperlihatkan hasil yang nyata ditengah masyarakat.

Lebih lanjut beliau mengharapkan dengan kehadiran Tim Supervisi di Kabupaten Asahan pada hari ini dapat menambah motivasi bagi PKK Kabupaten Asahan dalam meningkatkan semangat membangun desa dalam mensukseskan visi Kabupaten Asahan yaitu Mewujudkan Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri.

“Saya berharap agar TP. PKK di semua tingkatan dapat mengembangkan peran dan fungsi kelompok PKK dusun dan kelompok Dasawisma, karena di kelompok inilah sesungguhnya terletak keberhasilan gerakan PKK, sebab mereka berada di garda terdepan yang berhadapan langsung dengan keluarga yang menjadi sasaran binaannya”, ungkap beliau.

Related Post

No Comments

Leave a Comment