Pemerintah Kabupaten Asahan tetap melaksanakan safari ramadhan sebagaimana tahun sebelumnya meski di tengah pandemi virus Corona. Kegiatan itu akan mengalami perubahan di mana dilaksanakan pada siang hari ba’da Sholat Zhuhur.

Untuk tahun ini Pemerintah Kabupaten Asahan memberangkatkan 202 Tim Safari Ramadhan yang tersebar di 202 Mesjid/Musholla se-Kabupaten Asahan dan untuk masing-masing Mesjid/Musholla yang dikunjungi diserahkan jam dinding penunjuk waktu sholat dan uang tunai 2 Juta Rupiah.

Pelaksanaan safari ramadhan tahun ini tetap dilaksanakan, hanya saja kegiatan pada ramadhan 1441 tahun ini tidak mengikutsertakan rombongan dalam jumlah banyak dan tidak ada kegiatan buka puasa bersama.

“Waktu kunjungan tim ke suatu masjid terbatas yakni mulai Sholat Zhuhur. Kemudian melakukan pertemuan dengan berbagai unsur, antara lain Ketua BKM, Kades/Lurah dan beberapa orang tokoh masyarakat, serta waktu pelaksanaannya juga di upayakan sesingkat mungkin,” kata Kadis Kominfo H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si, Kamis (29/4/2020).

Menurut beliau walaupun tidak sebagaimana tahun sebelumnya, akan tetapi maksud kegiatan tetap bermakna baik dalam menjalin silaturrahmi maupun menyerap berbagai informasi dan saran dari masyarakat.

“Perubahan kegiatan yang berbeda dengan safari ramadhan tahun lalu untuk menyesuaikan dengan protokol pencegahan dan penanganan Covid-19. Di mana kita harus mengikuti berbagai imbauan demi kesehatan bersama dan upaya membangun kesadaran masyarakat dalam mencegah penyeberan virus itu,” katanya.

Menyangkut rombongan terbatas saat berkunjung ke suatu masjid, beliau mengungkapkan akan disesuaikan dan diatur dan tetap berpedoman pada protokol pencegahan covid-19.

Di mana jumlah anggota rombongan tidak ramai sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19. Demikian juga, maksud kunjungan dari safari ramadhan itu tercapai dan bila ada bantuan juga dapat tersalurkan.

Sementara itu Bupati Asahan H. Surya, B.Sc dalam kunjungan Safari Ramadhan di Mesjid Al-Falah Desa Manis Kecamatan Pulau Rakyat (29/04) dan Mesjid Ash Shalah Desa Sumber Harapan Kecamatan Tinggi Raja kembali mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan ibadah shalat tarawih di masjid. Namun harus tetap mengikuti imbauan pemerintah diantaranya memakai masker, menjaga jarak, dan BKM masjid harus menyediakan tempat cuci tangan bagi jamaah.

“Mudah-mudahan ibadah bulan suci ini tetap lancar, dan langkah pencegahan Covid-19 juga terlaksana,” pungkas Bupati.

Sementara itu secara terpisah Sekretarias Daerah Kabupaten Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, M.Si dalam kunjungan Safari Ramadhan Ke Mesjid Suhada Dusun IV Desa Rahuning I Kecamatan Rahuning menyerahkan bantuan kepada BKM Mesjid berupa jam dinding penunjuk waktu sholat dan uang 2 juta rupiah dan santunan kepada anak yatim.

Di Kesempatan lain sebelum melaksanakan Safari Ramdhan Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan menyempatkan diri berkunjung kerumah salah seorang warga bernama Lampusah Margolang yang mengalami lumpuh akibat kecelakaan dan beliau menyerahkan bantuan berupa beras 10 kg dan sejumlah uang.

Demikian juga dengan sejumlah insan pers yang bertugas di Kecamatan Rahuning dan sekitarnya tidak luput dari perhatiannya, beliau menyerahkan bantuan 5 kg beras, 1 liter minyak goreng dan sejumlah uang.

Related Post

No Comments

Leave a Comment