Orang Tanpa Gejala (OTG) yang berasal dari Kabupaten Asahan berdasarkan hasil swab mandiri dari RS Murni Teguh Medan dinyatakan positif Covid-19, hingga saat ini yang bersangkutan masih dalam isolasi mandiri di rumahnya yang berlokasi di Medan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si, Kamis (25/6/2020), menjelaskan penderita Covid-19 seorang pria, inisial MAP (27 Th) jenis kelamin Laki-laki, warga Desa Dusun II Desa Air Genting Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, beliau menjelaskan bahwa yang bersangkutan adalah salah satu karyawan di PT AEP di Medan. Pada tgl 22 Juni 2020 MAP dan karyawan yang lain melakukan pemeriksaan swab yang dilakukan atas kebijakan dari PT AEP, semua karyawan wajib diperiksa, MAP tidak mengalami gejala seperti batuk, demam dan sesak.

Setelah melakukan pemeriksaan, pada tanggal 24 Juni 2020 hasil swab nasofaring dan orofaring dari RS Murni Teguh menyatakan MAP positif Covid-19 dan MAP tidak dirawat tetapi melakukan isolasi mandiri dirumahnya di Medan.

Beliau juga menjelaskan bahwa MAP tidak tinggal di Dusun II Air Genting Kecamatan Air Batu tetapi tinggal di Medan, MAP terakhir bertemu dengan keluarganya pada tanggal 05 Juni 2020, artinya 14 hari terakhir MAP berada di Medan dan tidak melakukan perjalanan keluar kota, AMP hanya melakukan perjalanan dari rumah dan kantor tempat ia bekerja di Medan.

Dengan demikian dikarenakan epidemiologi penularan kasus tidak memenuhi masa inkubasi virus, maka tidak dilakukan pelacakan kontak erat, akan tetapi tetap dianjurkan isolasi mandiri dan surveilans Dinkes Asahan bersama Puskesmas Hessa Air Genting tetap memantau perkembangan kesehatan keluarga.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Asahan melalui Juru bicaranya menghimbau kepada masyarakat untuk mengikuti protokol percepatan penanganan Covid-19 dengan selalu memakai masker, cuci tangan pakai sabun, hindari kerumunan, tetap jaga imun tubuh dengan berolahraga dan selalu menerapkan pola hidup sehat.

“Untuk menghindari penyebaran Covid-19 khususnya di Kabupaten Asahan bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, dalam hal ini diperlukan disiplin semua lapisan masyarakat untuk menerapkan protokol pencegahan Covid-19“, tegas beliau.

Untuk data terbaru Covid-19 di Asahan yang dikeluarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Asahan, untuk yang Positif Covid-19 menjadi 14 orang, 9 orang dalam perawatan, 3 orang sembuh dan 2 orang meninggal Dunia.

Related Post

No Comments

Leave a Comment