Jalan merupakan fasilitas transportasi yang paling penting bagi masyarakat karena sangat berpengaruh pada kegiatan dan aktivitas sehari-hari. Jalan sebagai prasarana transportasi yang mampu memberikan pelayanan pendukung dalam bidang pendidikan, perdagangan, pekerjaan, dan lain-lain. Jalan juga merupakan bagian dari sistem transportasi nasional yang mempunyai peranan penting terutama dalam mendukung bidang ekonomi, sosial dan budaya serta lingkungan dan dikembangkan melalui pendekatan pengembangan wilayah agar tercapai keseimbangan dan pemerataan pembangunan antar daerah, membentuk dan memperkukuh kesatuan nasional untuk memantapkan pertahanan dan keamanan nasional, serta membentuk struktur ruang dalam rangka mewujudkan sasaran pembangunan nasional.

Jalan yang mengalami kerusakan akibat berbagai macam faktor terlebih karena kendaraan angkutan barang yang muatannya lebih dapat menimbulkan masalah-masalah yang kompleks dan kerugian yang ditimbulkan tidak sedikit terutama bagi pengguna jalan. Kerusakan jalan mengakibatkan waktu tempuh yang lama dalam pengiriman barang, kemacetan, kecelakaan lalu lintas dan lain lain. Karenanya kerusakan jalan menjadi momok utama dalam proses pembangunan di setiap daerah. Kita ketahui bersama, perbaikan jalan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah dalam menangani kerusakan jalan yang terjadi memang belum cukup maksimal dalam mengatasi masalah karena kerusakan jalan yang terjadi. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah. Karenanya Pemerintah berupaya mendorong berbagai pihak untuk turut serta dalam memelihara kondisi jalan, baik dari segi perawatan maupun perbaikan. Begitupun di Kabupaten Asahan, terdapat beberapa ruas jalan yang mengalami kerusakan yang disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah ruas jalan yang berada di Desa Sei Dua Hulu.

Jalan yang menghubungkan Desa Sei Dua Hulu dengan Desa Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat yang mengalami kerusakan hari ini, Rabu (08/12/2021) ditinjau oleh Wakil Bupati Asahan bersama dengan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat dan Asisten Administrasi Umum. Dalam peninjauan tersebut Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si meminta kepada salah seorang pengusaha yang lokasi usahanya berdomisili di Kecamatan Simpang Empat, agar dapat berpartisipasi memberikan bantuan terhadap jalan yang mengalami kerusakan di kedua Desa tersebut. Permintaan yang disampaikan langsung oleh Wakil Bupati Asahan mendapatkan sambutan yang baik dari pihak pengusaha dengan memberikan bantuan 10 Truk Batu Petrun untuk menutup lubang yang ada di ruas jalan tersebut. Selanjutnya Wakil Bupati Asahan juga menghimbau masyarakat Desa tersebut dapat menjaga dan memelihara jalan ini dengan sebaik-baiknya agar tidak mengalami kerusakan kembali.

Mendapat perhatian dari Wakil Bupati Asahan, Kepala Desa Sei Dua Hulu Kecamatan Simpang Empat Sumardi Nasution mengatakan, atas nama masyarakat Desa Sei Dua Hulu dan Masyarakat Desa Simpang Empat mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Asahan yang telah berupaya memperbaiki akses jalan ini, sehingga akses keluar masuk masyarakat tidak terhambat lagi. “Kami masyarakat Desa Sei Dua Hulu dan Masyarakat Desa Simpang Empat akan menjaga dan memelihara jalan ini dengan sebaik-baiknya,” ucap Kepala Desa Sei Dua Hulu.

Related Post

No Comments

Leave a Comment

Recent Posts